Bagaimana Cara Memilih Sepatu Berdasarkan Bentuk Kaki?

Sepatu merupakan hal yang penting ketika kita berjalan. Sobat Gio pun pasti tahu bahwa selain menjadi pelindung kaki, sepatu juga merupakan sebagian dari penampilan yang pasti sering diperhatikan oleh semua orang. Kesalahan dalam memilih sepatu dapat beresiko ketidaknyamanan, bahkan cedera. Karena itu, memilih sepatu harus pas dan sesuai dengan bentuk kaki.

Dan untuk memilih sepatu yang cocok juga ada tipsnya. Bukan cuma harus memperhatikan ukuran dan desain yang pas untuk tampilan kamu. Karena setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda jadi Sobat Gio juga harus memperhatikan apakah sepatu tersebut nyaman untuk bentuk kaki. Kira-kira gimana cara untuk memilih sepatu yang pas dan sesuai berdasarkan bentuk kaki? Kali ini Gio Cardin bakalan kasih tau beberapa tips untuk memilih sepatu tersebut. 

Yang pertama, bentuk kaki manusia itu dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

Bentuk kaki manusia

Image Source: Cincinnati Foot & Ankle Care

1. Flat Foot

Yang pertama ini merupakan bentuk telapak kaki dengan sudut lengkungan yang sama sehingga permukaannya menjadi rata. Kemungkinan yang terjadi adalah kaki akan menekan lebih ke dalam saat berlari, yang menyebabkan banyak penekanan pada bagian telapak kaki dan lutut. 

Sepatu yang direkomendasikan untuk memberikan kestabilan seperti “internal wedges” yang mengisi sudut lekukan kaki, dual density midsole dengan tambahan supportive posts untuk memberikan tambahan pegangan dalam atau grip pada kaki. Bisa juga menggunakan sepatu dengan midsole yang lebih lebar. Sepatu dengan tipe motion control/ high stability cocok untuk kaki jenis ini. 

2. Normal Foot

Bentuk kaki jenis ini memiliki telapak kaki berupa setengah dari daerah lengkukan kaki terisi, bentuk telapak kaki ini dimiliki hampir kebanyakan orang. Kaki bisa menopang tubuh dan menapak secara normal sehingga resiko cedera sangat minim. 

Sebagian besar orang yang memiliki telapak kaki ini dapat menggunakan hampir semua jenis sepatu. Bentuk kaki ini tidak membutuhkan sepatu yang mengontrol pergerakan telapak kaki. Gio Cardin merekomendasikan sepatu dengan tipe Stability, yang memberi jejak kaki yang lebih stabil saat berjalan. Kalau Sobat Gio ingin menggunakan sepatu yang nyaman juga bisa memberikan desain yang elegan, Gio Cardin akan merekomendasikan sepatu ternyaman juga terfavorit dari Gio Cardin yaitu Sepatu putih LAH-01 

Sepatu putih Gio Cardin

Sepatu putih Gio Cardin

Termotivasi dari kompleksitas pada zaman modern, HOVER dirancang dengan menggunakan bahan premium yang sangat lembut dan teknologi ABSORB+ pada insole Gio Cardin untuk selalu menjaga kenyamanan kaki Sobat Gio ketika menggunakan sepatu putih Gio Cardin LAH-01.

3. Hollow Foot

Bentuk kaki Hollow/High Arch memiliki kecenderungan untuk menggerakan kaki dengan memutar ke dalam saat berlari. Telapak kaki ini biasanya banyak memberi penekanan pada bagian depan kaki dan belakang kaki (tumit). Saat berlari juga tipe kaki ini yang gerakan kakinya cenderung memutar ke dalam (supinasi) 

Untuk jenis kaki ini disarankan sepatu dengan tipe cushioning/neutral, dilengkapi bantalan yang cukup fleksibel, untuk dapat menyangga telapak kaki dengan baik terhadap tekanan yang terjadi.

Baca Juga

5 Lifestyle Goals Untuk Masa Depan